Destinasi Wisata di Halmahera Timur Yang Wajib untuk di Kunjungi


Berikut adalah rujukan tempat wisata di Halmahera Timur Maluku Utara untuk anda kunjungi

Puncak kokoru ini awalnya merupakan lahan perkebunan kelapa masyarakat desa setempat. Untuk membantu para petani, pemerintah desa setempat membuat kebijakan dengan membuat jalan tani, maka sebagian perkebunan tersebut digusur dan dijadikan jalan tani demi menunjang kesejahteraan petani desa setempat.

Seiring berjalannya waktu, lokasi ini (jalan tani) pun sering disebut puncak kokoru atau puncak ekorino. Tak hanya masyarakat ekorino, masyarakat desa tetangga yang berdekatan dengan desa ini pun sangat sering datang mengunjungi lokasi ini. Keunikan dari puncak kokoru adalah pada saat pagi dan sore hari, dimana pada saat pagi hari pengunjung disuguhkan dengan sunrise (matahari terbit) dengan pemandangan air laut yang tenang serta keindahan dari hutan bakau ekorino. Demikian pula ketika berkunjung pada sore hari, pengunjung dapat menyaksikan panorama sunset (matahari terbenam) yang memerah dan memanjakan mata para pengunjung sehingga ingin berlama-lama di puncak kokoru. 

Oh yaa.... Walaupun dilokasi ini tidak tersedia rumah makan, bagi pengunjung yang merasa lapar dan ingin mencicipi ikan bakar juga bisa membeli langsung ikan segar dari hasil tangkapan para nelayan desa setempat untuk dibakar. Gimana? menarik kan? hehehe. Rekomendasi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada hari sabtu dan minggu ataupun pada hari-hari libur nasional. Hingga saat ini lokasi wisata puncak kokoru ekorino masih akan terus dikembangkan.
Untuk menuju ke tempat ini dengan perjalanan darat waktu yang ditempu kurang lebih 1 (satu) jam dari Kota Sofifi (Ibu kota Prov. Maluku Utara) dan 90 Menit dari Buli – HALTIM.

2.      Batu Babua - Desa Iga Wasile
Batu Babua adalah batu yang menyerupai candi, Berbentuk Kerucut Dengan Ketinggian Kurang Lebih 100 Meter, Keunikan dari batu ini adalah tumbuh seperti pohon dan penduduk setempat menggapnya sacral, karena batu ini tumbuh seperti pohon atau dalam bahasa local disebut Babua, maka penduduk setempat menamainya batu babua. Objek wisata ini terletak di Desa Iga Kec. Wasile Utara. Ada 2 jalur utama menuju ke objek Batu Babua, yaitu: dari Subaim menggunakan roda dua (ojek) dalam waktu ± 2 jam dan dari Tobelo dengan Speed Boat ± 1,5 jam atau dengan kapal tradisional ± 3 jam.

3.      Pantai Jara-jara – Maba Utara
Jara – jara adalah sebuah desa yang berada di Kec. Maba Utara Kab. Halmahera timur. Jara – jara memiliki pantai pasir putih yang panjang dan berkilau ketika terkena sinar matahari. Selain keindahan pantai juga memiliki pecahan ombak yang besar yang cocok untuk berselancar.
Jara jara kaya dengan biota laut dan terumbu karang yang luas. Jara – jara sering dikunjungi wisatawan mancanegara karena banyak terdapat peninggalan sejarah Perang Dunia II dan juga terletak dekat dengan Pulau Morotai sebagai pusat Sail Indonesia (Morotai) 2012. Jara – jara dapat ditempuh melalui 2 jalur yaitu: 1. Naik speedboat dari Buli (3jam), naik kapal penumpang (6jam) (4 x seminggu), 2. Naik kapal penumpang dari kota Tobelo (4 x seminggu).

4.      Pulau Plun – Buli
Pulau Plun atau Pulau Tengah dengan luas pulau 19,27Ha, berada di antara Pulau Mia dan Pulau Lewi, memiliki keindahan yang menawan baik taman bawah lautnya maupun keindahan pantainya. Bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat ± 30 menit dari Ibu Kota Maba. Juga terdapat hewan endemik seperti; Kepiting kenari, Burung Maleo, dll. Terdapat area memancing ikan Tenggiri, Barakuda, Kerapu, dll.

5.      Meriam dan Bunker - Desa Foli
Meriam dan Bunker Jepang terdapat di Desa foli Kec. Wasile Utara. Dua objek wisata sejarah peninggalan Perang Dunia II ini sangat menarik untuk dikunjungi. Bunker yang terdiri dari 20 pintu tempat persembunyian terntara jepang. Dibuat dari tanah liat dan dipahat dengan sempurna. Dari satu pintu ke pintu lain saling berhubungan. Terletak ±30km dari Wasile (Subaim) dapat ditempuh dengan sepeda motor (ojek) atau mobil.






Referensi : http://www.pariwisatahaltim.com/destinasi-wisata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MAKALAH ANALISIS JABATAN DAN DESAIN PEKERJAAN

CONTOH MAKALAH TANTANGAN YANG DIHADAPI PEMIMPIN