BINGUNG MEMILIH JURUSAN





Haiii agan agan sekaliann….  hari ini Ane mau share nih pengalaman ane tentang saat lulus SMA dan bingung untuk menentukan pilihan dimana tempat ane kuliah.
Jom dengar cerita ku…. ^_^

10- Mei 2013, adalah hari kelulusan Ane (saya) dari SMA. Masa-masa yang indah dan menyenangkan serta tingkah yang alay dan lebay mulai dilepaskan secara bersamaan pada saat kelulusan itu. Ane mulai memfokuskan diri pada cita-cita dan tujuan dimasa depan, teringat pada waktu kecil ane sempet berkata bahwa ane bakal menjadi orang besar, lalu ketika SMP ane putuskan  akan menjadi seorang Pebisnis yang suksesssss. Woooow :O ….  Hehehehe . Aminnnnnnnnn  
Nahhhh… kita kembali lagi kedunia nyata, ehhh maksud ane ke hari kelulusan SMA hehehe. Ketika lulus  apa yang hendak akan kita lakukan. Kerja? Nganggur? Atau kuliah?. Ada jawaban dari dari opsi tandatanya itu. KERJA. Ohhh yaaa? Skil atau keterampilan apa yang Lu dapet dari SMA?? PENGANGGURAN. Heeeeee to theee loooww Helooooo. Emang ente fikir tidur pas buka mata tuh duit langsung nongol gitu ajaa.!?.  KULIAH. Yaayaayaya… itu bagi mereka yang orang tua-nya berduit, tapi kalu memang bagi mereka yang nggak berduit jangan jadikan itu alasan untuk nggak kuliah dong. Selama masi ada 2 tangan 2 kaki serta tubuh yang sehat dan keinginan yang kuat percaya dehhh semuanya pasti berjalan sesuai rencana, seperti pepatah lama orang KATOLIK “Banyak Jalan Menuju Roma”  wiieeeehhhhhh…  luar biasa.
Semua orang pasti mempunyai keinginan untuk lanjutin study-nya ke jenjang pergurusan tinggi/kuliah DIII, DIV, apalagi S1. Bagi ane sendiri, apa yang akan kita lakukan itu membutuhkan dorongan/support dan restu dari orang-orang terdekat kita seperti orang tua, kakak, sahabat-sahabat, paman, tante, pokoknya semuanya dehh. Dan bersyukur banget Ane dapatkan support dari mereka, soal biaya kuliah nggak ada masalah dengan itu. Perekonomian di keluarga ku yahh sederhana saja, for me yang penting keluarga bisa makan minum serta Ane bisa kuliah itu sudah lebih dari cukup. Ok Next>>


SMA selesai, biaya kuliah nggak ada masalah, dukungan dari Big family mantap. Sekarang tinggal menentukan arah kuliahnya kemana, mulai dari Universitas apa, Jurusan apa, Program Study apa yang akan Ane pilih. Tapi kalau untuk tujuan kotanya yaa siapa sihh yang nggak punya keinginan untuk menimbah ilmu di Kota Jogjakarta, secara gitu lohh jogja itu kan dijuluki sebagai Kota pelajar. Memang sejak SMP Ane sudah punya impian untuk dapat menimbah ilmu di kota pelajar (Jogja).
Bingung, kesana kemari mencari alamat, Lahhhh kok jadi mirip liriknya lagu Ayu Ting-ting yaa hehehehe :D pokoknya gitu dehh… cari info kesana-kesini, search PTN yang buka pendaftaran,, bahkan sampai dapat ajakan dari teman-teman Ane yang mau lanjut kuliahnya di Makasar. Ada juga, bahkan yang paling banyak ngajak itu teman-teman dari UNKHAIR Ternate. Tapi ada juga teman ane yang udah kuliah satu tahun di Joga kota impian ane untuk menimbah ilmu, nawarin ane untuk kuliah disana. Bujukannya tuh udah macem-macem mulai dari pengurusan registrasi pendaftaran ampe tetebengeknya akan dia urusin semuanya kalo ane mau kuliahnya di Jogja.
Sementara ane bingung cari dan search di internet menentukan pilihan hati, Cieeeeee pake hati nieee hehehe…
Sedang search tanpa sengaja ane dengar bapak ane berbincang dengan teman polisi-nya yang katanya tahun lalu anaknya wisuda di Universitas Sam Ratulangi. Mendengar hal itu ane langsung bergabung dalam perbincangan mereka, sok penting banget gw hehehehe :D
Dan ternyata nggak percuma sudara-sudara Ane berbincang dengan mereka berdua, kenapa? Karena anaknya om polisi itu Kuliahnya di Fakultas Ekonomi&Bisnis, dan jurusannya International Business Administration (IBA). Wuiiiiiiihhhhh keren kan?! Apalagi ada kata “BISNIS” belum lagi “INTERNASIONAL” pula. Wiewhhhhhhhh… komplit dahh. ^_^


Ane kembali lagi ke kamar dan coba untuk search di google tentang IBA dan sayang sekali saudara-saudara ternyata jurusan itu hanya ada di UNSRAT Manado :( padahal ane kepengennya di Jogja juga ada. Tapi kalau dilihat sebenarnya sih IBA itu sangat mirip dengan jurusan Manajemen. Selang berjalannya waktu sampai pada bulan Juli Ane belum juga menentukan jurusan apa yang akan dipilih saat mendaftar online nanti, memang cita-citanya pengen menjadi pebisnis tapikan untuk menjadi pebisnis opsi jurusanya banyak, ada Ilmu Manajemen, IBA, Ilmu Ekonomi, ekonomi pembangunan dan masi banyak lagi. Setelah berpikir panjaaaaaang banget sampee tanah goyang+tsunami, hehehehehe lebayyyyy :D ….akhirnya ane jatuhkan pilihan untuk pergi ke Kota Manado dan kuliah di Universitas Sam Ratulangi. Dari kampung ane sudah tetapkan akan masuk di jurusan International Business Administration. setelah tiba di kota Manado ada aja yang membuat dilemma, ternyata benar juga kata orang “hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan”.
Pada saat buka portal UNSRAT dan akan Mengisi formulir pendaftaran secara online tiba-tiba Ane lihat ternyata ada dua program studi administrasi bisnis di UNSRAT ampunnnnn dehh :/ untuk program studi Internasional Bisnis Administrasi berada di naungan Fakultas Ekonomi & Bisnis, sedangkan program studi Ilmu Administrasi Bisnis (Business Administration Science) berada di bawah naungan FISPOL. Ini membuat saya semakin frustasi untuk memilih 1 diantara 2 jurusan ini karena kedua-duanya mempelajari tentang bisnis atau basic study-nya ke bisnis. Akhirnya tanpa pikir panjang langsung deh ane batalkan untuk mencari tahu lebih dalam tentang kedua jurusan itu. Dan sejauh pengamatan saya kedua jurusan itu sama-sama mempunyai keunggulan tersendiri….  Tapi dari hati yang paling dalam Ane mulai tertarik pada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis di FISPOL.
Lohhhh, kok? Kenapa Ilmu Administrasi Bisnis FISPOL?
Iyaa ane juga nggak nyangka kok bisa gituu Hehehehehe. Oke deh akan ane klarifikasi tentang kedua jurusan itu.
Jika dilihat dari mata kuliah yang di pelajari antara Jurusan Internasional Bisnis Administrasi (IBA) dan Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis bisa dikatakan hampir sama, mungkin judul mata kuliahnya sedikit berbeda karena judul mata kulia IBA agak sedikit keinggris-inggrisan gitu, tetapi lepas dari itu semua yang di bahas isinya adalah sama. Selain itu jika dilihat dari Gelar/title-nya lulusan Jurusan IBA hanya memakai gelar/title Sarjana Ekonomi (SE) sama seperti jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi pembangunan. sedangkan lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISPOL mereka menyandang Gelar/title Sarjana Administrasi Bisnis (S.AB) wuiiiiidihhhhh kerennn kan?! ^_^
Ane mulai mengisi formulir pendaftaran secara online dan didalam formulir di perbolehkan untuk mengisi tiga jurusan pilihan, alhasil urutan ke-satu dank e-dua Ane isi Jurusan Ilmu Administrasi bisnis FISPOL, sedangkan di urutan ke-tiga ane isi jurusan IBA. Pendaftaran selesai, ujian tulis dimulai pada tanggal 17-19 Juli. ujian tulispun selesai tiba saatnya untuk mendengar hasil ujian tulis kemarin, suasana hati yang tegang sambil memanjatkan doa didalam hati kepada Tuhan seperti pasrah entah lulus di jurusan Ilmu Administrasi Bisnis atau jurusan Internasional Bisnis Administrasi ataupun nggak lulus sama sekali. Ane mulai membuka website UNSRAT untuk melihat nama-nama yang lulus. Lama mencari-cari sambil berkeringat padahal ane berada didalam ruangan ber-AC dan ternyata saudara-saudaraaaa nama ane keluar di jurusannnnnnn…. Tarrraaaaaaaaaa Ilmu Administrasi Bisnis FISPOL. Horeeeeeeeee  tralalalala..trilililili hehehe ^_^                   sontak ane langsung mengambil ponsel lalu menelpon Bapak dan Ibu ane untuk memberitahu kabar gembira ini, Bapak dan Ibupun sangat senang mendengar hal ini.

Oke dehhh untuk postingan ane hari ini cukup sampai disini dulu yahhh, nanti ane juga bakalan Share pengalaman pendaftaran ulang setelah pengumuman test dan juga pengalaman OSPEK atau kalau di UNSRAT sebutannya PK2MB (Pengenalan Kerja Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru).





Ane persilahkan Kalau ada pertanyaan ataupun saran dari agan-agan sekalian mengenai pengalaman saya ini. Tapi komentar-nya yang sopan yaaaaaaa…. Thx be4
See You Later ^_^


Komentar

  1. Ka, mau tnya, emng bner yh kalo jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISPOL, hrus pinter b.ing

    BalasHapus
  2. trimakasih infonya,,
    sangat bermanfaat sekali,,
    mantap,,,

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Ka kalau may masuk IBA test TOEFL nya score hrs berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sheila..
      Setau saya untuk masuk IBA Toeflnya harus minimum 310 dan maximum 670.

      Hapus
  6. Ka mau tnya dong...
    Materi test untuk masuk IBA banyakan dibahasa inggris yah? Atau soal2 nya kayak soal UN gtu? Cz aku pling kwtir sma tes trtulisnya itu.😒
    Mohon bntuannya ka,, soalnya tahun ini rncananya aku mau msuk kuliah di unsrat ambil jrusan IBA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cynthia....
      Pertama yang harus kamu tahu ya untuk tes masuk jurusan IBA itu hanya lewat jalur T2 dan Zumikola. Dan soal tesnya kebanyakan sama dengan soal tes masuk jurusan lainnya. Karna saat tes tulis dilaksanakan secara bersama2 dengan jurusan lain. Hanya saja yang harus diingat, nilai tes tulia bhs inggris harus maksimal. Untuk latihan saya sarankan kamu silahkan beli buku toefl yang langsung ada CD-nya.
      Saya kira seperti itu....
      Trimakasih sudah mampir di blog saya. Semoga bermanfaat yaa.

      Hapus
  7. Hai kak mau tanya. Kakak orang mana? Soalnya aku juga dari Manado

    BalasHapus
  8. Excusme kak, btw apakah kaka tau tentang biaya kuliah untuk IBA? Karna saya ingin memilih jurusan iba di unsrat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH MAKALAH ANALISIS JABATAN DAN DESAIN PEKERJAAN

CONTOH MAKALAH TANTANGAN YANG DIHADAPI PEMIMPIN

Destinasi Wisata di Halmahera Timur Yang Wajib untuk di Kunjungi